Monday, December 5, 2016

Tips Merawat Anak Kucing Persia yang Masih Kecil

Perawatan Anak Kucing Persia - Melakukan perawatan pada anak kucing sangat berbeda dengan merawat kucing yang sudah dewasa atau sudah besar. Merawat anak kucing persia pun juga berbeda dengan merawat anak kucing kampung, anak kucing kampung lebih cenderung kuat daripada anak kucing persia. Jika diantara kaliana da yang memiliki anak kucing persia yang baru lahir maka mungkin kalian akan kesulitan dalam melakukan perawatan pada anak kucing persia tersebut.

Tips Merawat Anak Kucing Persia yang Masih Kecil
Merawat Anak Kucing Persia
Sumber gambar : persian-cat.info

Merawat anak kucing persia harus perhatian khusus, apa lagi jika merawat anak kucing yang tanpa induk. Ada beberapa cara tersendiri dalam merawat anak kucing persia. Tapi jika kamu merawat anak kucing persia ini dengan baik, tentu perkembangannya akan tumbuh dengan sehat.
Baca juga : Manfaat Menjemur Kucing Persia dan Cara Menjemur Kucing Persia
Dibawah ini ada beberapa tips dalam merawat anak kucing persia, silahkan simak.

Tips Perawatan Anak Kucing Persia
  • Menjaga Kesehatan Induk Kucing
Jika anak kucing persia masih ada induknya, kalian harus tetap menjaga kesehatan Induknya terlebih dahulu. Kenapa? Karena anak kucing persia umur 3 bulan kebawah masih menyusui kepada induknya. Jika si Induk terkena penyakit, bisa saja anaknya juga terkena. Berikan asupan makanan yang bagus dan jaga lingkungan tempat tinggal si kucing.
  • Memberikan Asupan Anak Kucing
Dalam memberikan asupan yang baik untuk anak kucing, hal seperti susu, air mineral dan makan harus kamu perhatikan.

Susu – Anak kucing persia umur 1-3 bulan biasanya masih menyusui kepada induknya.  Namun jika kalian  ingin memberikan susu kepada anak kucing tentu tidak masalah, cobalah memberikan susu formula khusus untuk anak kucing.

Air – Air yang diberikan pada anak kucing persia tentu harus bersih. Selain itu tempat air minum juga harus steril dan penempatannya cukup rendah supaya bisa dijangkau oleh kucing.

Makanan – Untuk makanan kucing persia yang masih anak-anak ada pilihan khusus. Perhatikan produk makan yang kamu beli, tentu kamu harus membeli yang kategori kitten.
  • Memberikan Tempat yang Baik
Perhatikan apakah kalian punya tempat yang nyaman untuk anak kucing persia. Tempat tinggal si kucing harus bersih, tempatnya juga harus hangat karena tubuh mereka yang masih kecil dan bulunya belum lebat Kalian bisa memberikan lampu atau perlengkapan seperti kain supaya menjaga kehangatan anak kucing.
  • Berikan Vaksininasi
Salah satu poin yang penting dalam memelihara anak kucing persia ialah kamu jangan lupa memberikan vaksin yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing. Jika kamu bertanya bagaimana cara memberi vaksin kepada kucing, saya sarankan untuk pergi ke dokter hewan saja agar sesuai aturan dan kucing tidak terancam.
  • Siapkan Fasilitas Pembantu
Demi kenyamanan si kucing mungil ini cobalah untuk memberikan Litter Box untuk tempat pup anak kucing persia. Gunakan pasir khusus yang sudah dijual di PetShop terdekat dan pastikan untuk membersihkannnya secara teratur.
  • Berikan Kasih Sayang
Kalian harus memberikan sentuhan lembut kepada si anak kucing persia supaya dia nyaman dan mengenalimu, kemudian jangan lupa beri dia mainan seperti bandul atau mainan khusus kucing lainnya.

Dalam merawat anak kucing yang berumur 2-3 bulan memang punya kendala tersendiri dibanding kucing yang lain, namun saat memeliharanya dan melihat ia tumbuh kita dapat mendapatkan rasa senang tersendiri. Semoga artikel cara merawat anak kucing ini bisa bermanfaat untuk semuanya.
Load disqus comments

0 comments